Selasa, 31 Januari 2012

berpikir ilmiah dalam konsep IPTEK


3. Jelaskan berpikir ilmiah dalam konsep IPTEK
Berfikir ilmiah adalah berpikir yang logis, mahsudnya itu masuk akal, dapat diterima oleh nalar manusia, dan Dibahas secara mendalam berdasarkan fakta yang dapat dipertanggung jawabkan,
Disini saya akan mencoba menjelaskan berpikir ilmiah dalam konsep iptek.
Dengan seiring perkembangan zaman yang di ikuti oleh kemajuan ilmu iptek yang sangat pesat, bahkan  abad 20 merupakan abad tekhnologi, tidak ada salahnya kita disini membahas sedikit tentang iptek , Iptek itu sendiri merupakan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang berkembang seiring perkembangan zaman . Sebuah pengetahuan itu dasarnya atau awal mulanya pasti dari ketidak tahuan(berawal dari 0) , dari ketidak tahuan itu menimbulkan petanyaan dalam pikiran, tanda tanya besar.  Membuat seseorang ingin mencari tahu, seperti kebanyakan orang lainnya, bisa juga diartikan sebuah tantangan.
Berpikir ilmiah dari segi iptek adalah berpikir ilmiah dengan menggunakan metodologi-metodologi ilmiah , logika-logika berpikir sehingga dapat menarik suatu kesimpulan. Motodologi ilmiah disini dalam menentukan simpulan dari berpikir ilmiah, itu  dengan menggunakan rumus prinsip 5W+1H, yaitu :
1- what : apa
2- who : siapa
3-why : kenapa
4-when : kapan
5-where : dimana
6-how : bagaimana
jika sudah terjawab semua pertanyaan di atas dan kita terapkan itu dalam proses berpikir ilmiah maka kita akan menemukan  sebuah kesimpulan.
namun setelah mencari tahu dan memperoleh kesimpulan dari penelitihannya , timbullah keraguan benar atau tidak sesuatu yang disimpulkannya tersebut, dari rasa ragu/keraguan inilah pengetahuan dan teknologi akan muncul, keraguan itu akan dibuktikan dengan percobaan-percobaan atau penelitian, jika sudah muncul suatu kebenaran atau suatu keberhasilan dalam menciptakan sesuatu, maka itulah yang dimahsud dengan IPTEK.
Jadi kesimpulannya dizaman yang seperti sekarang ini semua serba berbasis tekhnologi kita harus mengenal berpikir ilmiah dalam konsep iptek, dan harus menerapkannya supaya kita tidak tertinggal oleh kemajuan iptek sangat pesat pada era tekhnologi ini (gaptek),

Kamis, 19 Januari 2012

pengantar teknik industri


SAMPUL TUGAS KULIAH

JURUSAN TEKNIK INDUSTRI - FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

-          Mahasiswa wajib untuk menyimpan full copy dari tiap-tiap tugas yang dikumpulkan
-          Tugas dibendel dengan cara distaples saja
-          Jangan menggunakan binder clip atau map plastik kecuali untuk tugas yang laporannya sangat tebal.

Nama
ENDIK ASWORO
NRP
110421100053
Kode MK
PTI104
Dosen / Tutor
AHMAD MUGHNI
Judul Tugas
Tugas PTI Kelas B
Batas akhir pengumpulan
8 November 2010

Perhatian :
Seorang mahasiwa disebut melakukan plagiarisme jika dalam tugas yang dikumpulkannya sebagian atau keseluruhannya merupakan copy-paste dari pekerjaan mahasiswa atau orang lain tanpa menggunakan teknik pengacuan (referencing technique) yang baik dan benar. Kolusi adalah menyampaikan tugas sebagai hasil pekerjaan pribadi padahal dalam kenyataannya merupakan hasil kerja kolaboratif dengan mahasiswa atau orang lain (tanpa ijin resmi dari dosen) baik secara keseluruhannya ataukah sebagian saja.

Deklarasi / Pernyataan

Saya menyatakan bahwa tugas ini merupakan hasil karya saya sendiri dan tidak mengandung unsur plagiarisme maupun kolusi tanpa ijin resmi.


               Endik Asworo                        Tanggal :7 November 2010
  

Semua tugas jika terbukti terdapat unsur plagiarisme atau kolusi tanpa ijin resmi akan dikenai sanksi akademis yang tegas berupa pengurangan nilai ataupun penalti penggagalan kelulusan sebuah mata kuliah.




JAWABAN TUGAS PTI KELAS B
1.            Perbedaan antara pendekatan matematis klasik dengan pendekatan permodelan sistem adalah:  pendekatan matematis klasik , pendekatan ini menyelesaikan masalah menggunakan matematika dan statistika klasik yang bertujuan untuk mendapatkan analisa solusi optimal,
Tidak ada pembatasan masalah.- Sedangkan pendekatan permodelan riset operasi dalam menyelesaikan masalah menggunakan pendekatan permodelan riset operasi itu sendiri bertujuan untuk mencari solusi optimal. Terdapat batasan masalah.
2.         manfaat menggunakan model :  berguna untuk menganalisis maupun merancang sistem. Sebagai alat komunikasi yang sangat efisien, model dapat menunjukkan bagaimana suatu operasi bekerja dan mampu merangsang untuk berpikir bagaimana meningkatkan atau memperbaikinya. Model didefinisikan sebagai suatu deskripsi logis tentang bagaimana sistem bekerja atau komponen-komponen berinteraksi. Dengan membuat model dari suatu sistem maka diharapkan dapat lebih mudah untuk melakukan analisis. Hal ini merupakan prinsip pemodelan, yaitu bahwa pemodelan bertujuan untuk mempermudah analisis dan pengembangannya.
 Dan dalam slide juga di tunjukan manfaat menggunakan model bagi seorang praktisi teknik industri adalah:
a.       Meminimalkan percobaan merusak
b.      Meminimalkan kompleksitas dunia nyata
c.       Meminimalkan dampak negatif
d.      Meminimalkan Biaya

3.         a. Model Ikonik
Model ikonik adalah perwakilan fisik dari beberapa hal baik dalam bentuk ideal
ataupun dalam skala yang berbeda. Model ikonik mempunyai karakteristik yang sama
dengan hal yang diwakili, dan terutama amat sesuai untuk menerangkan kejadian pada
waktu yang spesifik.
Contoh: Model ikonik berdimensi dua (foto, peta, cetak biru) atau
tiga dimensi (prototip mesin, alat).
b.  Model Analog (Model Diagramatik)
Model analog dapat mewakili situasi dinamik, yaitu keadaan berubah menurut waktu.
Model ini lebih sering dipakai daripada model ikonik karena kemampuannya untuk
mengetengahkan karakteristik dari kejadian yang dikaji. Model analog banyak
berkesusuaian dengan penjabaran hubungan kuantitatif antara sifat dan klas-klas yang
berbeda. Dengan melalui transformasi sifat menjadi analognya, maka kemampuan
membuat perubahan dapat ditingkatkan.
 Contoh model analog ini adalah kurva
permintaan, kurva distribusi frekuensi pada statistik, dan diangram alir.
c. Model Simbolik (Model Matematik)
Pada hakekatnya, ilmu sistem memusatkan perhatian kepada model simbolik sebagai
perwakilan dari realitas yang sedang dikaji. Format model simbolik dapat berupa
bentuk angka, simbol, dan rumus.
Contoh: suatu persamaan (equation).
4.                                                               Contoh 1:
Sebuah perusahaan merencanakan untuk memproduksi dua macam produk yaitu produk A dan B. Setiap unit produk A membutuhkan 3 unit sumber daya 1,8 unit  sumber daya 2 dan 4 unit sumber daya 3. Sedangkan setiap unit produk B membutuhkan 6 unit suumber daya 2 dan 5 unit sumber daya 3, banyaknya sumber daya 1, sumber daya 2 dan sumber daya 3 yang tersedia masing masing adalah 12, 48, dan 30 unit . setiap unit produk A dan B masing-masing memberikan sumbangan keuntungan sebesar Rp. 120 dan Rp. 100. Tentukan banyaknya masing-masing produk yang harus diproduksi agar diperoleh keuntungan maksimal.


produk

sumber daya
A
B
Kapasitas
Maksimum
1
3
0
12
2
84
6
48
3
4
5
30
Sumbangan keuntungan per unit
120
100







X1       = Banyaknya produk A yang diproduksi
X2       = banyaknya produk B yang dproduksi
Maksimumkan (Z) = 120X1 + 100X2
Kendala :
            1). 3 X1                       ≤ 12
            2). 8 X1 + 6 X2           ≤ 48
            3). 4 X1 + 5X2            ≤ 30
                        X1, X2 ≥ 0

Contoh 2 : Masalah Diet
Untuk menjaga kesehatan, seseorang harus memenuhi kebutuhan minimum perhari akan beberapa zat makanan. Misalkan hanya ada tiga jenis zat makanan yang dibutuhkan yaitu kalsium, protein, dan vitamin A. Sementara makanan yang tersedia ada tiga jenis juga yaitu, makanan A, B dan C yang harganya, zat-zat yang tekandung didalamnya, dan kebutuhan minimum perhari akan zat-zat makanan tersebut dapat dilihat pada tabel berikut :
X1 = jumlah makanan A
X2 = jumlah makanan B
X3 = jumlah makanan C

Z = 0,5 X1 + 0,8 X2 + 0,6 X3
5 X1 + X2 ≥ 8
5 X1 adalah sumbangan kalsium dari makanan A
X2 adalah sumbangan kalsium dari makanan B

Kendala untuk protein dan vitamin A dibuat dengan cara yang sama, yaitu :
2 X1 + 2 X2 + X3 ≥ 10 Protein
X1 + 5 X2 + 4 X3 ≥ 22 Vitamin A
Masalah LP secara lengkap dapat ditulis :
Minimumkan Z = 0,5 X1 + 0,8 X2 + 0,6 X3
Dengan syarat 5 X1 + X2 ≥ 8
2 X1 + 2 X2 + X3 ≥ 10
X1 + 5 X2 + 4 X3 ≥ 22
X1 , X2 , X3 ≥ 0

5.         Komponen-komponen dari suatu model:
Performance Criteria (Kriteria kinerja): suatu model harus mempunyai kemampuan kerja atau kinerja personal pencapaian tujuan operasi dan pengembalian investasi.
Decision Variable (variabel keputusan) : merupakan variabel yang menguraikan secara lengkap keputusan keputusan yang akan di buat.
Constraints (kendala) : merupakan kendala yang dihadapi sehingga kita tidak bisa menentukan harga harga  variabel keputusan dengan sembarangan.
Parameter (parameter) : mrupakan Alat ukur untuk melihat kesuksesan atau keberhasilan dari suatu tujuan.
Logical Relationship (hubungan logis) harus mengacu pada skema atau apa yang akan diciptakan.
6.         Komponen model transportasi:
1         Kriteria kinerja:
Meminimalkan biaya : di model ini biaya sebiya mungkin ditekan agar minim pengeluaran.
2         Variabel Keputusan:
- Jumlah produk yang akan dipasok dari pabrik i (Si) : menyajikan suatu rancangan transportasi produk yang akan dipasok dari pabrik i.
- Jumlah produk yang akan diangkut dari pabrik i ke pengecer j (Xij): menjelaskan pengangkutan produk yang akan di angkut dari pabrik i ke pengecer j.

3         Kendala:
pasokan (supply) : memperlihatkan kendala pemasokan produk,
4        permintaan (demand) : disini juga diperlihatkan bagaimana permintaan itu mempunyai kendala.
7.         metode analitik adalah metode yang menggunakan cara baku (aturan kalkulus) dengan metode ini tidak selalu mudah memperoleh solusi, bahkan tidak dapat diperoleh solusi, nilai perhitungan adalah nilai sejati (exact), dan hasil dari metode ini adalah fungsi/relasi. Sedangkan . Metode Heuristik adalah teknik yang dirancang untuk memecahkan masalah yang mengabaikan apakah solusi dapat dibuktikan benar, tapi yang biasanya menghasilkan solusi yang baik atau memecahkan masalah yang lebih sederhana yang mengandung atau memotong dengan pemecahan masalah yang lebih kompleks.
8.         Permasalahan pencarian rute terpendek (shortest route problem)  dalam slide 51-54 dapat menggunakan metode heuristik. Karena dislide itu yang di cari adalah  penyselesaian yang lebih sederhana untuk memecahkan masalh tersebut.
Dan merupakan pendekatan
Integrated: D cara dinamika programing yang menghasilkan A-B-E-I-J ( 384) sehingga dapat memperkecil total waktu yang dibutuhkan.
9.         berikut adalah langkah langkah yang dugunakan praktisi teknik industri dalam menyelesaikan suatu masalah:
1. Identifikasi Masalah
2. Menghasilkan Alternatif
3. Tahu Model Standar
4. Menentukan Kriteria Kinerja
5. Pilih Solusi Terbaik
6. Membuat Keputusan
7. Mengantisipasi Implikasi Manajerial
                        8. Aksi

Jumat, 13 Januari 2012

Logika agama versus logika ilmu pengetahuan


Logika adalah hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. di mana obyek materialnya adalah berpikir (khususnya penalaran) dan obyek formal logika adalah berpikir yang ditinjau dari segi ketepatannya.
            Logika agama adalah merupakan pemikiran dari sebuah keyakinan atau agama yang mana objeknya sudah jelas dan dapat di utarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa, bagaimana agama tersebut adalah benar dan dapat diterima oleh logika.
            Logika ilmu pengetahuan , sebuah ilmu pengetahuan sudah dapat dipastikan masuk dalam logika karena melaui proses penalaran, yaitu Penalaran merupakan suatu proses berpikir yang membuahkan pengetahuan. Agar pengetahuan yang dihasilkan melalui penalaran tersebut mempunyai dasar kebenaran maka proses berpikir itu harus dilakukan dengan suatu cara dan prsedur tertentu. Penarikan kesimpulan dari proses berpikir dianggap valid bila proses berpikir tersebut dilakukan menurut cara tertentu tersebut. Cara penarikan kesimpulan seperti ini disebut sebagai logika.
           
Agama dan ilmu pengetahuan sutau cabang ilmu yang berlawanan tapi pada dasarnya adalah dapat dipersatukan, karena saling ada keterkaitan,
agama merupakan suatu keyakinan dari suatu umat bahwa ada yang maha tinggi, maha besar, dan maha segala-galanya dari semuanya, yaitu tuhan .
Agama lahir sebagai pedoman dan panduan bagi kehidupan manusia. Agama lahir tidak
dengan rasio, riset, dan uji coba belaka melainkan lahir dari proses penciptaan dzat yang berada di luar jangkauan akal manusia dan penelitian pada objek-objek tertentu. Agama menjadi titik akhir dari suatu perjalanan jauh manusia dalam mencari kepuasan hidup yang tidak bisa didapatkan dalam filsafat dan sains (ilmu)..
            Juga ilmu pengetahuan, ia lahir dari ketakjuban para ilmuan yang berusaha mencari kepuasan atas jawaban rasa penasarannya. Ilmu pengetahuan melengkapinya dengan hal-hal yang tidak hanya mengedepankan logika. Ilmu pengetahuan sudah berusaha bangkit dari ke-mandeg-an yang selama ini menjadi predikat tetap filsafat. Sains sudah mulai merambah ranah yang lebih praktis dan logis yang diperolehnya dengan berbagai cara yang cukup sistematis. Namun manusia tetap tidak dapat tenang dan bahagia hanya dengan berbekal sains dalam kehidupannya
            Di dalam Islam, agama atau keyakinan tentang Allah harus dicapai dengan logika yang diberikan kepada manusia, sebagaimana firman allah dalam al.qur’an.
Sebagian orang mengklaim bahwa ilmu pengetahuan berpijak pada serangkaian eksperimen, sementara agama bukanlah ilmu pengetahuan karena ia berpijak pada keyakinan. Sesungguhnya itu adalah statemen yang tak benar karena tidak seorang pun sudah menguji atau melihat konstruksi dari dari dalam agam tersebut.
            Dalam islam al.quran merupakan pedoman sekaligus menjadi sumber dari ilmu pengetahuan, karena didalamnya terdapat ayat-ayat yang menjelaskan tentang pengetahuan terhadap sains , dan dapat pula menjawab berbagai pertanyaan ilmuan sains, sehingga tinggal menjabarkannya. Dan mengklaim itu adalah teori yang diciptakanya. 

Kamis, 12 Januari 2012

catatan akhir sekolah


CATATAN XI IPA 1
Written by Yuristia Eka Erwanda


Tag t’rasa setahun b’lalu bgitu cepat_na, b’sama dlm skelaz akan hilang seiring waktu. Tag ada hal yg lebih indah daripada persahabatan,persaudaraan, dan kebersamaan qt yg tlah qt jalin slm setahun. Banyag kenangan indah, unik, konyol, mengharukan yg tlah qt lewati b’sama. Canda, dan tangiz itu akan menjadi kenangan indah yg kan qt kenang slm_na....
XI IPA 1.... hmmm, siapa siyh yg gag knl m klz XI IPA 1,??
Mulai guru, murid, satpam, penjaga sekolah, pemilik kantin, pazti knl sm yg nm_na klz XI IPA 1. Gmn gag dikenal, ne klz bnr” kompak, heboh, banyag omong, pinter, rajin, gaul, gokil, saling menjaga 1 sama laen, anak”_na ganteng” dan cantik” lagi,,waahh pokok_na banyag bgt nilai plus bwt XI IPA 1..
Qt uraikan 1/1 y.. Guru” knl bgt m klz ne krn anag” XI IPA 1 rajin” bgt, kompak, dan yg paling pnting adalah banyak omong. Yg trkhr ini ne yg bwt guru” banyag yg strez ngajar d klz ne. Sampe” da seorang guru yg minta k kepsek bwt gag ngajar d klz ne agy, minta dganti m guru yg lain. Da jg guru yg ngomel” d kantor stlah ngajar d klz ini.... Wahh,,wahh,,XI IPA 1 emank bnr” dech, keterlaluan. Tapi itu gag jd alazan guru” bwt jd gag suka m klz ne,,ya gmn nggak secara XI IPA 1 jg rajin” dan kompak gt..
Klw 1 gag ngumpulin tugaz, yg laen_na jg gag ngumpulin tugaz. Klw yg 1 gag ngerjain tugaz, yg laen jg gag ngerjain tugaz.. Trz klw da PR trz 1 klz gag ngerjain, pzt kompak blg k guru yg ngasih PR klw minggu lalu gag da d ksh PR(hmm..boong membawa kekompakan kannn). Trz jg da guru yg nemuin bungkus kartu remi d lantai, dg galak_na si guru nanya siapa yg bw remi,,tp tentu j anag” gag da yg ngaku siapa yg bw,,mrka blg klw tu kartu bwt pel. matematika bab peluang(haha,,padahl tu kn pljrn smster lalu).
Qt jg rajin bgt ngelakuin sswtu yg beda dr klz laen. Menghiaz & membersihkan klz sebaguz & sebersih mungkin, sampe guru” banyag yg muji lohh(tapi ntah knp wktu tu gag mnang), ngerjain tugaz dr guru,,pokok_na bnyag dech smpe gag bza dsebutkan 1/1.
Murid” SMAN 3 Lamongan pada knl m klz ne krn anag”_na yg ramah, pinter”, gaul, gokil.. tp gag tw knp da jg klz yg benncii bg m klz XI IPA 1. Alasan_na gag jlz,,knp jg benci m XI IPA 1,,pdhl y anag”_na biasa” j tindakan_na. Biarlah tu menjadi rahasia mreka knp benci m spasi(sebelaz ipa siji),,yg penting qt gag benci m mreka, krena prinsip qt adlah 1 skul = 1 rumah = saudara.. yuupp,,,hidup SMA 3 Lamongan.
Satpam j jg knl bgt m spasi, alzan_na simple j krn biasa_na istirahat atw plg skul mw lez,,maem d Cak Wig pzt masuk k klz_na lama, pdahl bel udh berbunyi dr td”...
Penjaga skul knl m spasi krn qt adlh klz pling rajin. Pz lomba kebersihan klz, 4 hari berturut” setelah sepulang skul qt menghias,,dan mengecat klz... Si penjaga skul sering mondar-mandir d dpn klz cz jd gag biza ngunci klz. Trz pz penilaian senam, sepulang skul banyag anag latihan d klz,,jd gag bza ngunci klz agy dech,, y iaa lah qt anag_na rajin gt..
Ne yg terakhir ne, pemilik kantin skul knl bgt m qt, cz tiap da pljrn kosong pzt psen gorengan_na lwt jendela. Anag” cowog spasi jg suka bgt godain bu penjaga kantin, nama_na bu Mentik. Hal yg paling nyebelin dr bu Mentik itu, klw anag cowog yg psen maem lwt jendela, dgn sgera si ibu ngelayanin.. Pi klw yg mesan ceweg, waahh nunggu lm bgt dech bru d layanin.. Trz jg msalh banyag_na porsi makanan, anag cowog d ksh banyag, sdgkan yg ceweg cm dkt, ne si ibu yg genit p mank bnr” diskriminasi..?

* * *

XI IPA 1,,,ya XI IPA 1....
Klz yg lbh akrab dsebut spasi ini di pimpin oleh seorang guru cantik yg pinter bhs inggris(ya iyalah scr guru b.ing), bernama Naimatus Sijamah S.Pd, atw yg lbh dknl dg pgglan bu tu”z... Wali klz yg 1 ne bnr” TeOPe BeGeTe dech.. Lucu, nyantai, adil, bijaksana pngertian n’ jg bza nenangin siswa_na klw lg da mslh. Mlai dr mslh pljrn, hub dgn klz laen, bhkan urzn cinta remaja jg bu Tu”z asyik bgt bwt share. Bza ngertiin qt n’ tau sgla hal. Spasi’s mom ini bnr” qt sayyangg bgt....
Klw murid”_na ini dia neh,,qt absen 1/1 y....
1. Akhadiyah Nur Fitriyani (pipit)
2. Arfian Eka Nurwahyu U (fian)
3. Ari Nindya Purwa Hananda P (nindy)
4. Asfahani Nahar (si ketua klz,,nahar)
5. Beni Setyawan (beni)
6. Dimas Agung Ariwibowo (dimas,,kambing)
7. Diki Syamsudin (diki, ustadz cinta, gaston)
8. Dimas Yoga Sambada (yoga, mami julay perez)
9. Dwi Puspaning Putri (si bendahara kas, puspa)
10. Erni Prasetiya Wati (Erni)
11. Evi Nur Maulia intan Permata (si sekretaris 1, intan)
12. Fauziah Aini Rohmawati (Zia)
13. Joko Purwanto (joko)
14. Khusnul Kotimah (khusnul)
15. Lely Faridah (si sekretaris 2, lely, betet)
16. Lutfi Zulfika (lutfi, erbe)
17. Maya Rizky Octavia (maya)
18. Mery Maria Yunita (si bendahara laen”, mery, cimenk)
19. Mochammad Andi Saputra (andi, bangsil)
20. Muhammad Fajar Firdaus (fajar, p’ dhe)
21. Muhammad Zahroni (roni)
22. Nur Said Eko Wibowo (said)
23. RA. Wahyu Iswantara (mb rara)
24. Rokhmatus Tristya R (ayu)
25. Sandi Dwi Saputra (sandi)
26. Susi Susanti (si bendahara buku, susi)
27. Syayid Al Afghoni (si wakil ketua kelaz, syayid)
28. Alm. Tri Wahyu Ningtyas (yu”n)
29. Vita Kusuma (vita, maco)
30. Wildanu Putra Mardiyansyah (wildan, ceweg)
31. Yasita Destika Rani (tika, peseg)
32. Yuristia Eka Erwanda (si bendahara tabungan, tia, mpog)
33. Yusvian Haryadinata (iyuz)
34. Endik Asworo (endik)
35. Mahfut Rohzi (ozi)
36. Sugi Rizki Perdanawati (ki”)
37. Moch. Dawaul Qulub S. (dawaul, semog)
38. Tyas Ayu Kartika Sari (tyas)

Barisan bangku paling ujung di depan meja guru, terdiri dari maco, nindy, maya, susi, zia, lutfi, ayu, & da 1 bangku kosong yg seharuz_na ditempati oleh Alm. Yu”n.. Kelompok ini pendiam bgt, tapi klw uruzan pelajaran gag kalah dech. Da Vita yg tingkah_na lucu & bicara_na cempreng, Susi, n’ Maya pinter bnyg pljrn. Nindy dg keahlian_na d b.jerman,,tmn” pd remidi cm nindy yg gag remidi,,hebat dech.. Lutfi,ayu, n’ Zia yg slalu menghibur.
Bergeser k barisan bangku sebelah, da mb rara, ozi, puspa, intan, kiki, tyas, diki, said, endik n’ andi. Kelompok ini gag pendiam gag rame jg. Da mb rara yg selalu heboh sendiri, ozi yg suka mondar mandir n’ ngitungin tekel, puspa n’ said yg jago kimia, Intan si penyanyi dangdut 1, kiki yg pendiam bgt(tp asli_na gag looh), tyas yg baek bgt suka beliin maeman(hehe), diki si wajah oriental, endik si pendekar tidur (huh) gak pagi gak siang tidur trus, n’Andi si poni catok yg suka bgt nanya aneh”.
Bergeser lagi k barisan bangku sebelah,,waahh klo kelompok ne jgn ditanya, terdiri dr makluk Tuhan yg sexy”. Da tia, mery, lely, tika, pi”t, nahar, syayid, yoga, roni, n’ fajar. Da tia yg imut, lucu, cantik, maniz, baeg hati, ramah, rajin menabung dan tidak sombong(hehe,,membanggakan diri sendiri,, y iaalah scra yg nuliz gt) yg sangat menyukai pelajaran b. Ing n’ biologi, klw yg laen_na biasa” j. Da mery yg cantig & imut yg paling gag tw malu, heboh, gokil pzti_na. Lely si ceweg berhidung mancung yg cerewet bgt, tp ntah mngp hari” trkhr d klz XI IPA 1 malah tobat alias jd pendiam. Tika yg imut & berhidung peseg ini jg jago bgt pel. b.ing. Pi”t si ceweg yg nyantai, peljrn gag mkir,,ehh pz ngetik sms mlh mkir. Nahar n’ yoga cowog ganteng itu mempesonakan siapa saja(hhweekk), syayid si master pel. kimia, fisika, n’ matematika. Roni si counter pulsa b’jalan yg gaya ngomong_na bisa ngikutin siapa j. Fajar si cowog dgn tingkah yg aneh” ini suka bgt ngikutin cra ngomong_na p’ suradi, n’ suka bgt ngejodoh”in anag” sekelaz.
Bergeser k barisan terakhir ne, bangku paling ujung dekat pintu, da dawaul, beni, erni, khusnul, dimas, sandi, fian, wildan, iyuz, n’ joko. Dawaul si semog berhidung mancung dgn gaya ketawa_na yg khas yaitu “jjgagagagag”. Beni penyuka lagu” dangdut, suka celometan pi ckrg udh tobat, khusnul yg pntr bgt m bnyag pljrn, erni si penyanyi dangdut 2, sandi si cowog berponi yg demen bgt m pljrn PLH dbntu handphone online_na, dimas si kambing dgn rambut keriting_na yg gaya bicara_na cempreng bgt, wildan si cowog maniz tp kalem, lucu, n ska aneh klw lg salting. Fian yg karakter_na keraz bgt, tp dy asli_na baeg kq. Mz iyuz si jago kebumian yg srg bgt jd bahan olok”an krn tingkah_na yg aneh, n’ the last joko si cowok plng imut d klz yg biasanya d ledekin “mizone...mizone” m anag” skelaz...

* * *

Innalillahiwainnailaihiroji’un.....
Rest in Peace....
Peristiwa yang sangat menyedihkan ketika kita kehilangan seorang teman yang baeg hati, ramah dan pintar. 3 November 2009 (alm.) Yu”n pergi meninggalkan kita semua karena penyakit radang otak yg diderita_na. Sebelum_na (alm.) Yu”n belum pernah masug ke kelaz spasi, karena harus terbaring sakit. Perwakilan dari spasi juga sudah beberapa kali menjenguk_na, tapi lama kelamaan kondisi_na memburuk. Apa daya, maut itu menjemput. Buat teman” yg dekat ataupun hanya sekedar kenal bahkan yg blum prnh mengenal juga sangat kehilangan. Tag dapat terbendung lagi airmata yg menetes tiada tertahan... Selamat jalan sobat. Semoga amalmu diterima Allah SWT. Doa kami menyertaimu slalu. Salam sayang dari kami anggota spasi.

* * *

Spasi....Spasi....Spasi......
Kita adalah warga dari Gembel Commmunity.....
Apa itu Gembel,,??? Gembel adalah Generasi Muda Berjiwa Elit, dan biza jg Generasi Muda Berwawasan Lingkungan. Pencetus komunitas ini adalah dimaz kambing dan sandi. Kita warga gembel cinta damai, tag pernah membenci walaupun dibenci... Ya, itulah kita..

Adventure....Adventure...Adventure....
2 kali menjalani adventure yg seru bgt. Pertama kita k rumah_na Syayid di Laren paz liburan Unas. Waahh, tag biza dikatakan bahagia_na. Begitu sampai disambut oleh keluarga_na Syayid yg ramah n gag lupa jg disambut oleh banyag ja”n. Bakar” ikan, trz maem bareng. Gag lupa bwt foto”. Banyag bgt yg ikutan walaupun da jg yg beberapa gag ikut. Biz maem kita jalan k sungai bengawan solo trz naeg perahu...Biz tu balik agy k rmh Syayid bwt pamitan, langsung plang dech k rmh masing”...Oh ya, sebelum_na da kejadian menarik lohh,paz prjalanan brgkt k rmh Syayid, da razia, trz fian n’ roni kena gara” spion_na cm 1. Udh selesai razia_na malah kesasar lg, jadi telat dech mreka nyampe rmh Syayid. Tapi gpp donk, tu kan termasug kenangan indah. Makasih Syayid.
Kedua kita beradventure ria k rumah_na fian di mantup. Yg ini jg gag kalah seru. Anag yg ikutan jg lbh banyag sedikit dripd yg prtama. Kita brgkat pz skul lbur ujian sekolah bet klz 3. Sebelum sampai k rmh_na fian, qta brhenti dlu d kebun tebu_na fian, da yg ngambil tebu da jg yg foto”. Setelah itu lanjut prjlanan lg dan akhir_na sampai jg. Biz nyampe jg gag lupa donk bwt foto”. Udah d siapin maem siang jg m klwrga_na fian. Biz maem, shalat, stlah itu k wadug gondang. Da yg naeg mobil_na fian, da yg naeg sepeda motor jg. Sampai wadug gondang, foto”, maenen permainan dsitu, biz tu pergi k sier”,,wahh bguz bgt. Da jg anag yg turun k bawah bwt ngrasain sejuk_na air sier”. Sedangkan yg laen berdiri d tepi sier” dan menikmati keindahan_na dari ataz saja. Setelah puaz, balik agy k rumah_na fian bwt pamitan, n’ plg k rmh masing’. Sebelum_na paz biz nyampe drmh fian, da insiden langka. Wildan ketembak. Iihh wooww, yg nembak joko, gag sengaja siyh. Tpi wildan baeg hati kq, gag bkaln marah. Tu kn bza jd kenangan maniz. Seru,,seru,,serruuuu dech pokok_na. Makasih fian.


B’day....B’day...B’day....
Ingt gag waktu bu Tu”z ultah,?? Walaupun telat sehari tapi spasi ttp mmberikan kjutan. Sebelum bu Tu’z masug klz, anag” spasi nutup pintu n’ udh siap” bawa kue + nyayi klw bu tu”z buka pintu n’ msug klz nanti...Stelah pintu dbuka,,oyyyee anag” nyanyi, bu Tu’z smpai mw mnetezkan airmata saking terharunya. Setelah tiup li”n, kemudian 1/1 siswa mmberikan ucpn slamt, biz tu kita kasih kado yg isi_na kerudung. Bu Tu”z seneng bgt, terpancar dari wajah_na. Tentu j da traktiran. Beli ja”n d kantin dibayarin m bu Tu”z, trz dbagiin m anag” sklaz scara merata.
Oh ya, gag hanya ultah_na bu Tu”z j yg dksh kjutan. Klw da anag spasi ultah jg bakal dksh kjutan kq m anag” spasi laen_na. Udah gtu klw da yg ultah pzti traktiran_na gimbal bu Mentik. Haha, baguz dech, traktirannn...

* * *

Spasi emank seru abiz. D klz da permainan bal-balan, karetan, caturan, dominoan, pokeran,n’ bekelan. Wahh,,wahh....Lengkap... Sampe” d klz da yg nama_na Gepok (generasi poker), haha,,ada” j dech.... Gak cowog gag ceweg cmw_na maen permainan” itu. Setiap saat asal gag da guru d klz, jam istrhat, slalu maen. Da kjdian lucu pz dtnggl guru bntar klwr, ehh si mery malah maen bekel. Pz guru_na masug, jelaz j bekel_na langsung dsita.
* * *

Yg nama_na remaja tentu j gag lepaz dari yg nama_na cinta. Haahh,??? Ngomong cinta ta, ??? iaa donk,!!!
Anag” spasi tuh suka bgt ngegosipin,ngejodoh”in. Contoh_na j iyuz m vita, fian m lutfi, said m rara, ozi m lely (gosip?? Tpi prnh jd fakta loohh pz SMP), fajar m puspa, diky m mery(cinta ditolak, sabar dik, cari lagi), dimas kambing m pi”t(dimaz payah, kelamaan, keburu pi”t diambil org,mendam perasaan sakit dim), joko m khusnul, nahar m intan(walaupun gag bertahan lama, pi percaya dech intan sayang bgt m nahar, nahar jg syg bgt kq m intan, sabar y, ditentang restu orangtua, smw kn indh pd waktu_na) wildan m tia(haahh????).

* * *

Gag kerasa y udh mw pisah. Q nuliz ne seminggu sblm ujian kenaikan. Q sayang bgt m kalian, rasa_na gag ingin pisah. Waktu” b’sama udh tgl bntr agy. Qta bakal ngelewatin hari” terakhir qt skelaz d Bali nanti. Canda, tangiz, tawa yg tlah qta jalanin adalah kenangan indah bwt q, gag da kenangan burug, cmw yg tlah qta jalanin adlh kenangan maniz n’ indah. Jangan pernah saling membenci jika qt tlah pisah nanti. Karena kita 1 hati dalam spasi gembel. Luph U prend, selalu, selamanya......

Di saat kita nikmati kebersamaan
Banyak hal terlewatkan begitu saja
Keceriaan, gelak-tawa serta canda ria
Semuanya mengalir begitu saja

Waktu yang tersedia
Seolah tak mampu untuk menampungnya
Begitu cepat berlalu
Berlari seolah tak mau berhenti
Kenangan-kenangan itu tak terasa
Pergi meninggalkan semua kegembiraan

Keceriaan, gelak tawa serta canda ria
Satu persatu kenangan itu hilang sekejap mata
Ada sederet senyum saat terlintas memory yang dulu kala

Kenapa kegembiraan itu harus pergi?
Tidak searah dengan langkah kaki?
Kapan ini semua bisa terulang kembali?
Akankah kita tidak akan pernah bertemu lagi?

Sahabat…
Semua yang pernah kita jalani
Hari demi hari, waktu demi waktu
Tatkala kita lalui semuanya bersama

Banyak hal yang pernah terjadi
Karena itulah liturgi hidup yang kita miliki
Kadang benci, kesal dan kecewa
Juga senang, hormat dan sayang

Sungguh luar biasa apa yang telah kita lalui bersama
Inikah pemberian tak ternilai dari Sang Kuasa?
Yang sering kali tak pernah kita syukuri adanya

Ya Allah…
Lindungilah mereka yang kucinta.


Salam sayang,,,Tia......

Template by : kendhin x-template.blogspot.com