Selasa, 31 Januari 2012

berpikir ilmiah dalam konsep IPTEK


3. Jelaskan berpikir ilmiah dalam konsep IPTEK
Berfikir ilmiah adalah berpikir yang logis, mahsudnya itu masuk akal, dapat diterima oleh nalar manusia, dan Dibahas secara mendalam berdasarkan fakta yang dapat dipertanggung jawabkan,
Disini saya akan mencoba menjelaskan berpikir ilmiah dalam konsep iptek.
Dengan seiring perkembangan zaman yang di ikuti oleh kemajuan ilmu iptek yang sangat pesat, bahkan  abad 20 merupakan abad tekhnologi, tidak ada salahnya kita disini membahas sedikit tentang iptek , Iptek itu sendiri merupakan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang berkembang seiring perkembangan zaman . Sebuah pengetahuan itu dasarnya atau awal mulanya pasti dari ketidak tahuan(berawal dari 0) , dari ketidak tahuan itu menimbulkan petanyaan dalam pikiran, tanda tanya besar.  Membuat seseorang ingin mencari tahu, seperti kebanyakan orang lainnya, bisa juga diartikan sebuah tantangan.
Berpikir ilmiah dari segi iptek adalah berpikir ilmiah dengan menggunakan metodologi-metodologi ilmiah , logika-logika berpikir sehingga dapat menarik suatu kesimpulan. Motodologi ilmiah disini dalam menentukan simpulan dari berpikir ilmiah, itu  dengan menggunakan rumus prinsip 5W+1H, yaitu :
1- what : apa
2- who : siapa
3-why : kenapa
4-when : kapan
5-where : dimana
6-how : bagaimana
jika sudah terjawab semua pertanyaan di atas dan kita terapkan itu dalam proses berpikir ilmiah maka kita akan menemukan  sebuah kesimpulan.
namun setelah mencari tahu dan memperoleh kesimpulan dari penelitihannya , timbullah keraguan benar atau tidak sesuatu yang disimpulkannya tersebut, dari rasa ragu/keraguan inilah pengetahuan dan teknologi akan muncul, keraguan itu akan dibuktikan dengan percobaan-percobaan atau penelitian, jika sudah muncul suatu kebenaran atau suatu keberhasilan dalam menciptakan sesuatu, maka itulah yang dimahsud dengan IPTEK.
Jadi kesimpulannya dizaman yang seperti sekarang ini semua serba berbasis tekhnologi kita harus mengenal berpikir ilmiah dalam konsep iptek, dan harus menerapkannya supaya kita tidak tertinggal oleh kemajuan iptek sangat pesat pada era tekhnologi ini (gaptek),


0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com